Latest News

RESEP IRIT, IBU RUMAH TANGGA AUDITOR SEJATI

www.resepirit.com



RESEP IRIT, IBU RUMAH TANGGA AUDITOR SEJATI

Resepirit.com. Hai sobat resepit, kali ini saya akan berbagi cara bagaimana menjadi seorang auditor sejati. Emmm, rasanya terlalu wow ya sobat kalau kita simak dengan istilah tersebut. Ya setidaknya langkah ini bisa diterapkan di semua kalangan, terutama bagi mereka yang tidak pernah mengenyam bagaimana rasanya duduk di atas kursi sekolah.


Oleh karena itu, resepirit.com akan memberi penjelasan singkat dan padat yang dapat diaplikasikan oleh ibu-ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai penjaga toko. Tidak hanya itu, dalam kehidupan sehari-hari pun bisa kok menggunakan cara ini. Misalnya, ibu rumah tangga perlu mengecek persediaan beras untuk konsumsi keluarga selama sebulan. Pasti ibu itu perlu sekali-kali memeriksa persediaannya, apakah masih dalam kondisi baik atau dimakan kutu dan bahkan basah oleh air hujan dari atap yang bocor. Aktivitas semacam inilah yang sebenarnya cerminan dari jalan menuju pencerahan apa itu AUDITOR.


Ada kabar baik untuk ibu-ibu rumah tangga. Apakah itu? Oleh resepirit.com mengatakan bahwa kabar baik tersebut adalah jabatan istimewa yang selama ini tak disadari oleh ibu-ibu rumah tangga, yaitu AUDITOR SEJATI.

Apasih yang menjadi alasan resepirit.com mengataka IBU RUMAH TANGGA sebagai AUDITOR SEJATI? Yuk, langsung saja kita simak alasan-alasan tersebut.
Pertama kita perlu sadari apa yang menjadi pekerjaan seorang ibu rumah tangga itu? Di antaranya adalah sebagai berikut:

Seorang ibu rumah tangga dalam kegiatan sehari-harinya melakaukan:
1.      Memeriksa persediaan bahan pangan keluarga
2.      Memeriksa kebutuhan untuk mencuci
3.      Memeriksa persediaan susu dan bubur instan untuk si bayi
4.      Dan sebagainya

Di lain sisi, tidak hanya memeriksa persediaan saja tapi juga bermula dari PENYEDIAAN persediaan, MENGGUNAKANNYA ATAU MENGOLAHNYA, dan MEMERIKSA KONDISI persediaannya, dan juga mengetahui SISA AKHIR persediaan tersebut.
m
Serangkaian itulah merupakan rangkaian kegiatan seorang auditor sejati. Hanya saja terdapat perbedaannya yaitu terletak pada pencatatannya. Jarang sekali seorang ibu rumah tangga melakukan pencatatan semacam itu. Tak jauh dari istilah pepatah “Sejalan dengan air mengalir”. Itulah dia kekurangannya. Padahal jika dilakukan, bisa loh untuk MENGENDALIKAN DAN MENGONTROL PENGELUARAN BIAYA RUMAH TANGGA.

Kesadaran semacam itulah yang perlu ditumbuh kembangkan. Sungguh teramat sayang jika hancurnya rumah tangga hanya karena faktor ekonomi. Apalagi pendapatan pas-pasan tapi managemen keuangan rumah tangga berantakan.

Jadi, berdasarkan pengamatan resepirit.com, hal semacam itu sering terjadi dan menjangkit banyak kehidupan berumah tangga. Tapi sobat resepit jangan menilai sebelah mata tentang hal ini, karena bisa jadi sobat resepit juga adalah korban dari kesalahan managemen keuangan. Jangan salah. Anak kost dan mahasiswa/i juga bisa kena loh dengan kondisi ini.

Yang pasti, hal ini bisa menjangkit semua kalangan dalam berbagai bidang kehidupan. Intinya, managemen keuangan itu harus diatur dan dijaga sedemikian rupa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ya setidaknya meminimalisir resiko KANKER (KANtong KERing).

Lalu bagaimana solusinya untuk menghadapi ini? Berikut adalah bagian kecil dari tindakan AUDITOR SEJATI

Tenang sobat resepit. Resepirit.com tidak akan pelit berbagi soal ini. Simak yuk berikut ini:

1. Miliki Catatan Pengeluaran

Sobat resepit, perlu loh kita membuat catatan pengeluaran kita. Mulai dari kita bangun tidur hingga hendak tidur kembali. Dalam aktivitas sehari-hari, kita pasti membutuhkan uang untuk sebuah aktivitas tertentu. Baik itu aktivitas makan, minum, transport, dan bahkan parkir dan tarif toilet. Dengan adanya pencatatan tersebut, kita akan tau bagian mana yang banyak melakukan pengeluaran. Sehingga bisa ditekan dan diatur penegeluaran tersebut. Yang perlu ditekankan adalah meski kita bukan karyawan, tak ada salahnya kita memiliki catatan ini. PERUSAHAAN ORANG SAJA KITA BUATKAN CATATANNYA SUPAYA TERKONTROL DAN TIDAK RUGI, MASA RUMAH TANGGA KITA TIDAK KITA PERLAKUKAN DEMIKIAN. Aneh kan? Tapi nyata loh sobat resepir. Hehehe.... :D

2. Miliki Daftar Kebutuhan

Selain point 1 di atas, kita juga tak ada salahnya jika membuat daftar kebutuhan kita. Baik untuk jangka waktu harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Hal ini akan sangat mendukung kita dalam menyusun anggaran kita dalam periode tertentu.

3. Miliki Susunan Anggaran

Nah ini dia yang kita tunggu-tunggu. Susunan anggaran ini sangat berperan sekali untuk mengendalikan pengeluaran kebutuhan rumah tangga kita. Ayo sobat resepir, mulai sekarang kita budayakan ya untyk susun anggaran. Tidak hanya disusun loh, tapi juga dilaksanakan ya sobat resepir. Hehehe....

4. Miliki Catatan Pemasukan

Dalam tulisan www.resepirit.com ini, kita memposisikan diri sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan gaji suami. Sehingga bisa kita bayangkan betapa susahnya jika kita tak pandai mengatur pengeluaran kita. belum lagi mikir tentang kebutuhan kesehatan keluarga dan pendidikan anak. Betul tidak sobat resepir?

5. Miliki Catatan Aktivitas Harian

Aktivitas harian ini dimaksudkan adalah supaya kita bisa memilah-milah aktivitas mana yang bisa menguntungkan dan mana yang tidak. Sehingga kita akan tau sejauh mana perbuatan dan kebiasaan kita selama ini. Jangan-jangan hanya habis waktu kita hanya untuk kesia-siaan saja. Manfaatkan waktu yang ada untuk hal-hal yang positif, seperti cari penghasilan tambahan, atau menekuni sebuah hobby yang bisa menghasilkan uang, serta mendidik anak menjadi apa yang diinginkan.

6. Miliki Rekap dari Semua Point Di Atas

Point yang terakhir ini sangat membantu kita dalam mengambil sebuah keputusan. Mulai dari point 1 s/d point 5 adalah tahapan kita untuk menjadi lebih baik. Sehingga pada point 6 ini adalah untuk menghasilkan sebuah laporan, kesimpulan dan tindakan berikutnya yang lebih baik lagi.

Itulah sobat resepit yang dapat kami sampaikan via www.resepirit.com ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Lalu bagaimana caranya melakukan aktivitas pencatatan AUDITOR yang baik? Hal ini akan diulas di lain kesempatan pada halaman blog www.resepirit.com yang lain.

Resepirit.com, hidup irit, raih bahagia dengan biaya irit, semua akan indah pada waktunya. Hehehe....

No comments:

Post a Comment

Mari budayakan komentar dengan bijak. I love you

RESEPIRIT.COM Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Gooyaabi Templates